JURNAL MAHASISWA BK AN-NUR : BERBEDA, BERMAKNA, MULIA
Vol 7, No 3 (2021)

DETERMINAN GANGGUAN PENDENGARAN PADA PEKERJA DI LINGKUNGAN BISING

Waspada Waspada (Sekolah Pasca Sarjana Universitas Prof DR. Hamka, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jalan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, 12740, Indonesia,)
Handayani Handayani (Sekolah Pasca Sarjana Universitas Prof DR. Hamka, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jalan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, 12740, Indonesia,)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2020

Abstract

Permasalahan kebisingan merupakan isu keselamatan dan kesehatan kerja. Data global menunjukan 1,3 milyar penduduk dunia mengalami gangguan akibat bising. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi determinan yang menjadi penyebab gangguan pada pekerja. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari artikel ilmiah nasional maupun internasional. Basis data yang digunakan yaitu Google Scholar, Mendeley, Science direct and Research Gate, Kriteria inklusi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jurnal yang diambil publish dalam 5 tahun terakhir dengan minimal Sinta 4 dan menggunakan jurnal Quartile 3 dan Quartile 4. Hasil penelitian didapatkan bahwa faktor usia, tingkat pendidikan, intensitas pajanan dan riwayat penyakit hipertensi dapat mempengaruhi kesehatan pendengaran para pekerja yang bekerja di lingkungan yang terpapar bising.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

AN-NUR

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global ...