Jurnal Ilmiah Dikdaya
Vol 11, No 2 (2021): September

Profesionalisme Kinerja Guru dan Kemampuan Literasi Digital Guru Berpengaruh terhadap Kualitas Pembelajaran Daring SMK Kota Jambi

Novia Sri Dwijayanti (Dosen Universitas Jambi, Indonesia)
Nurmala Sari (Dosen Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara: (1) profesionalisme kinerja guru terhadap kualitas pembelajaran daring; (2) kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran daring; dan (3) profesionalisme kinerja guru dan kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian Ex Po Facto. Populasi pada penelitian ini sebanyak 46 orang. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh X1 terhadap Y dengan thitung > ttabel (3,873 > 2,01669); (2) terdapat pengaruh X2 terhadap Y diperoleh thitung > ttabel (2,480 > 2,01669); (3) terdapat pengaruh secara simultan, X1 dan X2 terhadap Y berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung > Ftabel (16,506 > 3,214) dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,434 yang berarti bahwa kualitas pembelajaran daring dipengaruhi oleh profesionalisme kinerja guru dan kemampuan literasi digital guru sebesar 43,4%. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh profesionalisme kinerja guru dan kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran daring di SMK Negeri 5 Kota Jambi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dikdaya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Dikdaya ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online) adalah peer-review jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk berbagi dan diskusi mengenai isu dan hasil penelitian yang lagi hangat pada saat ini. Jurnal Ilmiah Dikdaya diterbitkan oleh Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) ...