YUME : Journal of Management
Vol 4, No 3 (2021)

Efektivitas Penggunaan Loan To Deposit Ratio sebagai Indikator Fungsi Intermediasi Perbankan di Sulawesi Selatan

Agussalim Rahman (Unknown)
Muh. Chairul Anshar (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2021

Abstract

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur apakah LDR perbankan di Sulawesi Selatan sudah efektif dan dapat digunakan sebagai indikator berfungsinya intermediasi perbankan baik secara umum dan maupun khusus. Cara mengukur efektivitas fungsi intermediasi adalah dengan membandingkan output aktual dengan target output berdasarkan ketentuan Peraturan Bank Indonesia No. 17/11/PBI/2015 tanggal 26 Juni 2015 tentang tingkat optimal Loan to Deposit Ratio atau parameter Loan Funding Ratio. Berdasarkan hasil penelitian dengan membandingkan Jumlah Kredit dengan Jumlah Simpanan dan Surat Berharga Masyarakat yang diterbitkan oleh Bank pada periode 2016 – 2020 menunjukkan bahwa fungsi intermediasi perbankan di Sulawesi Selatan tidak efektif karena jumlah kredit yang disalurkan terlalu besar dibandingkan dengan simpanan masyarakat dan  surat berharga sehingga membuat likuiditas perbankan di Sulawesi Selatan menjadi kurang optimal yang juga menggambarkan kelemahan pada aspek manajemen risiko yang dikhawatirkan tindakan penyelesaiannya di luar kemampuan manajemen. Demikian pula penggunaan LDR sebagai indikator berfungsinya fungsi intermediasi tidak efektif karena dengan pengukuran yang lebih spesifik menunjukkan adanya gap yang sangat besar pada fungsi intermediasi tersebut.Universitas Internasional BatamKeywords: efekifitas ; Loan to Deposit Ratio ; intermediasi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Library & Information Science

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...