JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis)
Vol 5, No 4 (2021)

Efektivitas Instagram @abangsayurorganik Sebagai Media Pemasaran

Ulfa Saski Adhefia (Brawijaya University)
Mas Ayu Ambayoen (Unknown)
Bayu Adi Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2021

Abstract

Abang Sayur Organik merupakan salah satu pelaku usaha yang menggunakan media sosial Instagram sebagai media pemasaran adalah. tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis pemasaran yang dilakukan Abang Sayur Organik. (2) Menganalisis efektivitas Instagram Abang Sayur Organik. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pemilihan lokasi penelitian secara purposive dan penentuan sampel menggunakan Systematic Random Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah model Customer Response Index (CRI). Hasil dari analisis yaitu (1) Pemasaran Instagram yang dilakukan Abang Sayur Organik berdasarkan 4Cs terdiri dari  Contex; ungahan dengan berbagai konten yang disertai caption and tagar, Communication; komunikasi dilakukan secara personal (direct message dan kontak admin) dan impersonal (kolom komentar dan group chatting), Collaboration; merepost instastories konsumen merupakan kerjasama yang dilakukan Abang Sayur Organik untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen, and Connection; menjalin komunikasi yang baik, memberikan edukasi pertanian, dan memberikan reward kepada konsumen untuk menjaga dan mengembangkan hubungan yang sudah terjalin. Efektivitas komunikasi pemasaran Abang Sayur Organik dilakukan dengan menggunakan rumus CRI yang menghasilkan unaware sebesar unaware sebesar 1%, no comprehend sebesar 1%, no interest sebesar 2%, no intentions sebesar 7%, dan no action sebesar 31%, dan action sebesar 58%. Sehingga dapat dikatakan komunikasi pemasaran Abang Sayur Organik efektif karena nilai hirarki action melebihi unaware, no interest, no intentions, dan no action.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jepa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian secara reguler setiap tiga bulan sekali untuk tujuan mendeseminasikan hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen, peneliti dan pengabdi. Topik keilmuan yang ...