Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 5 No 2 (2021): ADI WIDYA Jurnal Pengabdian Masyarakat

Strategi Pendampingan Pembelajaran Anak Oleh Orang Tua dengan Pendekatan Individual Learning-Centered di SDN Kestalan No.5

Sri Hartini (Universitas Slamet Riyadi)
Hera Heru Sri Suryanti (UNIVERSITAS SLAMET RIYADI)
Ferisa Prasetyaning Utami (Universitas Slamet Riyadi)
Triyarsi Wiharko (Universitas Slamet Riyadi)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Adanya covid-19 mengubah strategi pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka di sekolah berubah menjadi program pembelajaran secara daring. Tugas orang tua di masa pandemi ini memiliki peran penting dalam memberikan pendampingan belajar kepada anak. Orang tua akan berperan seperti halnya guru disekolah untuk mengontrol dan mengawasi anak dalam proses pembelajaran dirumah. Kondisi orang tua di SDN Kestalan No.5 Surakarta memiliki kendala terkait strategi efektif untuk melakukan pendampingan belajar bagi anak dirumah. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah pendekatan Individual Learning-Centered (ILC). Pendekatan ini berfokusi pada aktivitas belajar anak yang memahami keunikan dan potensi anak dalam belajar. Metode yang dapat digunakan pada pendekatan ini adalah sharing information, experience based dan problem-solving based. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah orang tua telah memahami cara untuk melakukan pendampingan pembelajaran secara efektif ditinjau dari gaya belajar anak, kedekatan emosi anak, pemahaman kemampuan dan potensi anak dan komunikasi efektif.Kata kunci:Pendampingan belajar, invidividual learning centered

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

adiwidya

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal yang berisikan kumpulan hasil pengabdian dosen Universitas di Surakarta dan sekitarnya yang disusun dalam bentuk artikel pengabdian. Jurnal Pengabdian Adi Widya diterbitkan oleh Universitas Slamet Riyadi Surakarta dengan penebitan 2 kali 1 ...