CONSILIA
Vol 4, No 2 (2021)

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Resiliensi Siswa di Kelas IX G SMP Negeri 12 Kota Bengkulu

Mira Junita (Universitas Bengkulu)
Syahriman Syahriman (Universitas Bengkulu)
Anna Ayu Herawati (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2021

Abstract

ABSTRAKLatar belakang penelitian ini dilakukan karena adanya tingkat resiliensi siswa yangrendah.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive resturcturing untuk meningkatkan resiliensi siswa di kelas IX G SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan one group pretest- posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX G SMP Negeri 12 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 siswa. Sampel diambil dengan teknik perposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji T. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan peningkatan resiliensi siswa setelah diberikan treatment berupa bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring. Hal ini ditunjukan dengan nilai t = -6,664 dengan taraf signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti 0,000<0,05. Temuan ini menunjukan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring terhadap resiliensi siswa di kelas IX G SMP Negeri 12 Kota Bengkulu.Kata Kunci:Resiliensi,Bimbingan Kelompok, Teknik Cognitive Restructuring.THE EFFECT OF GROUP GUIDANCE SERVICE WITH COGNITIVE RESTRUCTURING TECHNIQUES ON THE RESILIENCE OF GRADE IX STUDENTS AT SMP NEGERI 12 BENGKULU CITY ABSTRACTThe background of this research conducted because of the low level of student resilience.This study was aimed to describe the effect of group counseling services by using the cognitive restructuring technique to improve the student’s resilience in the class of IX G at SMP 12 Bengkulu City. The method of this study was used experimental research which using one group pre-test post-test design. The populations of this study were 26 students in the class of IX G at SMP 12  Bengkulu City. The samples of this study were taken by using perposive sampling technique. The data were collected by using questionnaire. The data were analyzed by using T-test. The result of this study showed the improvement of student’s resilience after being given treatment in form of group counseling by using cognitive restructuring technique. It is also indicated the T score was about -6,664 with the significant level (2-tailed) of 0,000 which means 0,000 < 0,05. These finding revealed that there was an effect of group guidance services by using the cognitive restructuring technique on students’ resilience in the class of IX G at SMP 12 Bengkulu City.Keywords: Resilience, Group Counseling, Cognitive Restructuring Technique.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

j_consilia

Publisher

Subject

Other

Description

Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan ...