Jurnal Ilmiah KORPUS
Vol 5, No 2: AGUSTUS 2021

BENTUK DAN DAMPAK KEMAMPUAN MEMBERI PENGUATAN DALAM PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA

Didi Yulistio (Universitas Bengkulu)
Rio Kurniawan (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bentuk dan Dampak dari Kemampuan Memberi Penguatan (reinforcement) dalam Praktik Pengajaran Mikro Mahasiswa Program Sarjana Pendidikan bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Ruang lingkup penelitian ini mencakup deskripsi (1) jenis penguatan mencakup penguatan verbal dan penguatan nonverbal dan (2) dampat pemberian penguatan sesuai konteks proses pembelajaraan dalam pengembangan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan wawancara melalui diskusi terbimbing kepada mahasiswa praktikkan. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, yakni mahasiswa semester 7B (kelompok D) Program Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu yang mengikuti perkuliahan Pengajaran Mikro sebanyak 11 orang. Analisis data secara kualitatif meliputi kegiatan mengamati dan mencatat proses pembelajaran, mengelompokkan data menurut jenis penguatan dan dampak penguatan, mentabulasi data sesuai masalah, menginterpretasi dan evaluasi data serta menarik kesimpulan. Hasil Penelitian dapat dikemukakan bahwa (1) bentuk kemampuan dalam memberi penguatan yang dilakukan mahasiswa meliputi (a) penguatan (reinforcement) verbal berupa kata atau frasa, seperti kata ya, oke, bagus, baik, bisa, boleh, benar, betul, tepat, seratus, baik sekali, sangat bagus, betul sekali, tepat sekali, dan (b) penguatan nonverbal berupa tepuk tangan, tanda tangan mengepal, tangan memberikan jempol, dengan senyuman, mengangguk, menepuk bahu, dan mendekati, yang biasanya dilakukan mengiringi penguatan verbal berupa kata atau frasa yang diucapkan, dan (2) dampak pemberian penguatan sesuai konteks peristiwa berbahasa, mencakup partisipan, pokok pembicaraan, lokasi, dan variasi bahasa, berdampak dalam melahirkan karakter peserta didik, seperti disiplin, mandiri, bertanggung jawab, mengumpulkan tugas tepat waktu, religius, dan nasionalisme yang tinggi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

korpus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah KORPUS merupakan jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIB. Jurnal ini memuat dan menyebarluaskan hasil kajian ilmiah dan hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang terpilih tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya. KORPUS terbit tiga kali dalam setahun, yaitu ...