Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya siswa dalam memahami tanda baca, serta kurangnya budi pekerti siswa di lingkungan sekolah khususnya pada proses pembelajaran, sehingga perlu diadakan sebuah program yang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa di MI Assuniyah 03 Losari-Lor yaitu melalui implementasi program literasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program literasi, hasil dari program literasi dan faktor pendukung dan penghambat implementasi program literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III di MI Assuniyah 03 Losari-Lor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi perpanjang pengamatan. Sementara itu data hasil penelitian di analisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan/kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, membuktikan bahwa program literasi sangat penting bagi siswa-siswi di MI Assuniyah 03 Losari-lor dalam meningkatkan kemampuan membaca. Kegiatan literasi tersebut meliputi: (1) membaca senyap, membaca terbimbing, membaca mandiri dan membaca bersama (2) Terdapat upaya menciptakan sarana dan lingkungan kaya literasi dengan adanya area baca, perpustakaan, sudut baca di setiap kelas, di berlakukannya wajib baca 15 menit sebelum masuk kelas (3) Hambatan dalam pelaksanaan program literasi berupa waktu dan karakter siswa.
Copyrights © 2021