Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 4, No 2 (2021): Oktober

Efektıvıtas Model Pembelajaran Learnıng Cycle 7E Untuk Menıngkatkan Motıvası Belajar Dan Kemampuan Berpıkır Analısıs

Pera Andriana (Universitas Terbuka)
Deni Kurniawan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ucu Rahayu (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Pembelajaran langsung yang umum dilaksanakan pada pembelajaran di kelas, kurang bisa meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir analisis siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 7e dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir analisis siswa kelas IV dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest dan angket skala Likert pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pretest digunakan untuk mengetahui pengetahuan awal yang dimiliki setiap siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Peningkatan penguasaan kemampuan berpikir analisis siswa ditentukan dengan menghitung peningkatan skor gain yang dinormalisasi (N-gain) antara skor rata-rata pretest dan posttest. Secara keseluruhan, skor N-gain pada kelas kontrol termasuk dalam kategori sedang dan kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi. Dari hasil penghitungan diperoleh hasil nilai t-hitung yang lebih kecil dibandingkan dengan nilai t-tabel. Analisis data angket skala Likert untuk menghitung tingkat motivasi belajar siswa, diperoleh hasil bahwa siswa pada kelas eksperimen memberikan tanggapan yang lebih tinggi terhadap dampak penggunaan model pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar. Dari penghitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 7e lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir analisis siswa daripada model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...