Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 4, No 2 (2021): Oktober

Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar

Agnes Herlina Dwi Hadiyanti (Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan terhadap bahan ajar berupa modul pembelajaran IPA digital untuk siswa yang bisa diakses dengan mudah secara online untuk pembelajaran daring pada masa pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA Digital berbasis flipbook untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas modul pembelajaran berdasarkan validasi oleh 4 validator termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan skor 3,56. Hal ini menunjukkan bahwa produk modul pembelajaran IPA digital berbasis flipbook yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran IPA di kelas IV SD.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...