Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan terhadap bahan ajar berupa modul pembelajaran IPA digital untuk siswa yang bisa diakses dengan mudah secara online untuk pembelajaran daring pada masa pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA Digital berbasis flipbook untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas modul pembelajaran berdasarkan validasi oleh 4 validator termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan skor 3,56. Hal ini menunjukkan bahwa produk modul pembelajaran IPA digital berbasis flipbook yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran IPA di kelas IV SD.
Copyrights © 2021