Jurnal Agribest
Vol 5, No 2 (2021): September

Strategi Pengembangan Business Model Canvas Pada Agroindustri Kerupuk (Studi kasus di UD. Sumber Urip Kabupaten Jember)

Fefi Nurdiana Widjayanti (Unknown)
Trias Setyowati (Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2021

Abstract

Pandemi  Covid-19 memberikan dampak secara signifikan terhadap penurunan  perekonomian. Secara umum hampir seluruh  sektor terdampak  oleh merebaknya Covid-19. Sektor andalan yang menjadi penunjang pertumbuhan  ekonomi nasional pada saat ini. adalah pada Industri makanan dan minuman. Tujuan dari penelitian ini untuk memproyeksikan model bisnis agroindustri kerupuk dan membuat desain  model bisnis agroindustri kerupuk dengan  pendekatan Business Model Canvas. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tahapan yang dilakukan dalam pengolahan informasi data adalah: (1)  Business  Canvas  Model (BCM),  (2)  Analisis  SWOT,  (3)  Blue  Ocean  Strategy Analisis, (4) membuat kesimpulan dan saran. Hasil analisis Business Canvas Model dan analisis SWOT menghasilkan desain transformasi model bisnis pada UD. Sumber Urip yaitu  strategi pengembangan untuk memperbesar perusahaan  dengan cara mempertahankan Key Resources. Penambahan dilakukan pada Customer Segments yaitu Reseller dan Distributor, pada Value Propositions berupa bisa diantar ke alamat pemesan, PIRT dan Sertifikat Halal, layanan kustemisasi produk. Website dan media sosial pada Channels dan Customer Relationships, akan menghasilkan Revenue Streams dari  produk baru yang terjual dengan bentuk dan warna yang disukai anak-anak, penambahan aktivitas sosial pada Key Activities, menambah mitra jasa pengiriman pada Key Partnerships, serta penambahan biaya untuk kustemisasi dan aktifitas  sosial pada Cost Structure.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AGRIBEST

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

“JURNAL AGRIBEST” adalah Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian bidang Agribisnis, Sosial Ekonomidan bidang lainnya yang relevan terbit dua kali dalam setahun pada Bulan Maret dan September secara online dan ...