JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan di SMPN Rengat Barat, SMPN 4 Batang Cinaku, SMPN 5 Batang Cinaku

Jumiran, Jumiran (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kepengawasan yang yang digunakan sebagai laporan kepengawasan yang dilaksanakan dalan 2 siklus. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menuyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan di sekolah binaan Kabupaten Indragiri Hulu. Masing-masing siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, perbaikan dan refleksi. dengan subyek penelitian adalah guru PAI dari 3 sekolah di Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah guru sebanyak 4 orang. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode: wawancara, observasi, dokumentasi, diskusi dan tes evaluasi. Data hasil pengamatan nilai diskusi dan nilai evaluasi diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru dalam menuyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahwa: 1) Pada siklus pertama 75 % guru mendapat skor 3 (baik) dan hanya 1 orang (25%) mendapat skor 4 (sangat baik). 2) Pada siklus II terjadi peningkatan 25%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...