Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kepengawasan yang yang digunakan sebagai laporan kepengawasan yang dilaksanakan dalan 2 siklus. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menuyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan di sekolah binaan Kabupaten Indragiri Hulu. Masing-masing siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, perbaikan dan refleksi. dengan subyek penelitian adalah guru PAI dari 3 sekolah di Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah guru sebanyak 4 orang. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode: wawancara, observasi, dokumentasi, diskusi dan tes evaluasi. Data hasil pengamatan nilai diskusi dan nilai evaluasi diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru dalam menuyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahwa: 1) Pada siklus pertama 75 % guru mendapat skor 3 (baik) dan hanya 1 orang (25%) mendapat skor 4 (sangat baik). 2) Pada siklus II terjadi peningkatan 25%.
Copyrights © 2021