JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster dan Google Formulir dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMAN 1 Kelayang

Nurlaila, Nurlaila (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Best Practice (Pengalaman terbaik) yang disajikan pada Lomba Guru Berprestasi dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI. IPA. 1 SMAN 1 Kelayang pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan aplikasi Kinemaster dan Google formulir dapat meningkatkan hasil belajar PAI di SMAN 1 kelayang, selain iyu untuk mengetahui langkah-langkah pelaksanaaan pemanfaatan Kinemaster dan Google formulir dapat meningkatkan hasil belajar serta untuk mengetahui hambatan implementasi pemanfaatan aplikasi Kinemaster dan Google formulir dapat meningkatkan hasil belajar PAI di SMAN 1 Kelayang. Proses pembelajaran PAI dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran Aplikasi Kinemaster dan Google Formulir. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar PAI siswa melalui penerapan metode pembelajaran Aplikasi Kinemaster dan Google Formulir mengalami peningkatan, khususnya pada materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah SWT dengan nilai rata-rata awalnya 64,48 meningkat menjadi 90,00. 2) Langkah-langkah dalam penggunaan Kinemaster yaitu dengan mengenal fitur-fiturnya dan menyediakan bahan ajar yang akan diunggah 3) Hambatan pengunaan metode Aplikasi Kinemaster dan Google Formulir yaitu aplikasi ini sangat tergantung dengan sinyal yang kuat dan paket internet.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...