Penelitian ini berdasarkan permasalahan terkait penggunaan model pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kuok pada materi hukum newton?â€. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi hukum newton. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas X MIPA. Siklus yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Dari dua kali treatment yang dilaksanakan dalam dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata peserta didik yakni 51,74% pada saat pre-test menjadi 69,13% pada saat post-test siklus I dan akhirnya bisa mencapai rata-rata nilai 82,17% pada post-test siklus II. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation sangat membantu dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi hukum newton.
Copyrights © 2021