JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Intergrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 004 Rantau Bakung Tahun Ajaran 2017/2018

Banun, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2021

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar IPA kelas V SDN 004 Rantau Bakung tahun ajaran 2017/2018 yakni siswa jarang sekali dibimbing untuk berdiskusi dalam menyelesaikan persoalan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Untuk mengatasi hal tersebut penulis memperbaiki pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran CIRC, diharapkan dengan penerapan model pembelajaran ini siswa akan aktif dalam pebelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat. Setelah penerapan model pembelajaran CIRC hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dari hasil analisis data sebelum perbaikan pembelajaran dari 17 siswa hanya 5 siswa yang berhasil tuntas, meningkat menjadi 17 siswa pada perbaikan siklus I, dan terus meningkat menjadi 17 siswa pada perbaikan siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 004 Rantau Bakung tahun ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...