Permasalahan dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa khususnya kelas XI.IPS.1 terhadap mata pelajaran PKn relatif masih rendah sehingga kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran PKn sehingga dilihat dari perolehan nilai yang kalau dipresentasikan adalah 50 % nilai pas-pasan mencaPKn nilai KKM, 15 % yang mendapat nilai diatas KKM, 35 % masih berada dibawah KKM, sehingga perlu dicarikan solusi untuk pemecahannya. Menjawab masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan saintifik model pembelajaran problem-based learning. Peneliti telah melakukan sebuah penelitian dengan pendekatan saintifik model pembelajaran problem-based learning kepada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sungai Lala Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pendekatan saintifik model pembelajaran problem-based learning dapat meningkatkan hasil belajar dan membuat siswa aktif dalam pembelajaran, sehingga pendekatan dan metode ini dapat diterapkan khususnya kelas XI IPS 1 SMAN 1 Sungai Lala.
Copyrights © 2021