JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar PAI Materi Sejarah I Nabi Muhammad SAW Melalui Model Pembelajaran Buzz Group Discussion Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sungai Lala TP 2018/2019

Ahmad, Mahziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2021

Abstract

Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam setelah diterapkannya model pembelajaran Buzz Group Discussion pada peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Sungai Lala Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR), yaitu: penelitian praktis yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah faktual yang dihadapi guru sebagai suatu pencermatan terhadap kegiatan pengelolaan pembelajaran yang diterapkan pada peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Sungai Lala dengan jumlah peserta didik 24 yang terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Adapun peningkatan hasil belajar pada prasiklus dengan rata-rata 57,92, meningkat pada siklus I menjadi 64,58 dan pada siklus terakhir menjadi 74,58, sedangkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa atau 12,50% dari 24 siswa pada kondisi awal, menjadi 13 siswa atau 54,17% dan 23 siswa atau 95,83% pada siklus terakhir. Penjelasan mengenai peningkatan aktivitas belajar siswa dari 6 siswa atau 25,00% pada kondisi awal meningkat menjadi 16 siswa atau 66,67% dan pada siklus terakhir menjadi 24 siswa atau 100%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...