Rendahnya aktivitas belajar siswa yang disebabkan oleh banyaknya siswa yang kurang memperhatikan, jarang untuk mengeluarkan pendapat, dan kurang bisa menyimpulkan materi, dikarenakan siswa tersebut hanya mendengarkan, tidak memperhatikan atau tidak menyimpan materi yang diberikan, sehingga model pembelajaran yang digunakan adalah problem based learning yang menuntut siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap aktivitas belajar siswa kelas X di SMK Nurul Ulum. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, koefisien korelasi, dan uji-t. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap aktivitas belajar siswa kelas X Multimedia mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Nurul Ulum
Copyrights © 2021