JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas VII.3 SMP Negeri 2 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Asmaida, Asmaida (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Berdasarkan pembelajaran di SMP Negeri 2 Kinali bahwa pembelajaran IPS lebih berpusat kepada guru. Dalam pembelajaran guru hanya mentrasper pelajaran apa yang ada di buku siswa saja, sehingga siswa sulit memahami materi yang berakibat kepada hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuna penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan Pendekan Kontekstual di Kelas VII.3 SMP Negeri 2 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupain formasitentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes. Subjek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas VII.3 SMP Negeri 2 Kinali yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat terlihat dari hasil rata-rata kelas yang dicapai pada pembelajaran IPS setelah menggunakan pendekatan kontekstual siklus I mencapai 71,16, dan pada siklus II menunjukkan hasil yang lebih baik lagi yaitu 84,33. Jadi dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII.3 SMP Negeri 2 Kinali KabupatenPasaman Barat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...