Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021

Analisis Sociomathematical Norms Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring SMKN 39 Jakarta

Rizky Wahyu Maulana Salim (UHAMKA)
Samsul Ma'arif (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis orma sosiomatematik terhadap peserta didik yang berlangsung ketika pembelajaran daring matematika. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik SMKN 39 Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan penyebaran angket melalui Google Form dan Wawancara melalui Zoom Meeting. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 3 peserta didik yang berkreteria tinggi dalam norma sosiomatematik, terdapat 25 peserta didik yang berkreteria sedang atau standart, dan terdapat 2 peserta didik yang berkreteria rendah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kualitas interaksi yang terbentuk dalam pembelajaran daring juga mengalami penurunan, dimana peserta didik hampir tidak melaksanakan diskusi secara daring dan presentasi. Namun dapat kita lihat bahwa peserta didik yang kreteria norma sosiomatematiknya tinggi lebih percaya diri untuk menarik kesimpulan. Maka norma sosiomatematik sangat berkenaan dengan hubungan antar individu, matematika dan masyarakat yang menekankan, bahwa pemahaman dan keyakinan peserta didik dapat ditimbulkan atai dimunculkan saat proses interaksi diskusi dalam pembelajaran, namun karena interaksi yang terjadi mengalami penurunan dalam esensi, maka pemahaman dan keyakinan peserta didik juga mengalami penurunan. Selain itu norma sosiomatematik yang dimiliki peserta didik sangat berpengaruh terhadap tingginya maupun rendahnya hasil pemahaman yang di peroleh pada saat pembelajaran matematika berlangsung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...