Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Strategi Hubungan Masyarakat (Public Relation) dalam Peningkatan Pemasaran Lembaga Pendidikan

Suyitno Suyitno (STIE Indonesia Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi hubungan masyarakat dalam meningkatkan pemasaran di lembaga pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan rancangan studi kasus serta data-data dikumpulkan dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi hubungan masyarakat MAN 2 Tulungagung meliputi pertama strategi dalam pemetaan pasar (segmentation) untuk meningkatkan pemasaran lembaga pendidikan dengan mempertimbangkan segmen emosional dan segmen geografis. Kedua, strategi dalam penentuan target (targeting) untuk meningkatkan pemasaran lembaga pendidikan meliputi dilakukan dengan dua pilihan yakni dengan kualifikasi akademik yang baik dengan spesialisasi selektif dan kualifikasi khusus. Ketiga, strategi dalam penentuan posisi pasar (positioning) dengan membangun kepercayaan masyarakat dengan mempublikasikan deferensiasi program-program unggulan serta prestasi-prestasi yang diraih sehingga akan meningkatkan citra madrasah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...