Bio-Lectura
Vol. 8 No. 2 (2021)

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH MIKROBIOLOGI

Ermina Sari (Universitas Lancang Kuning)
Raudhah Awal (Universitas Lancang Kuning)
Martala Sari (Universitas Lancang Kuning)
Lufri Lufri (Universitas Negeri Padang)
Andromeda Andromeda (Universitas Negeri Padang)
Fatni Mufit (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 telah merubah cara kerja masyarakat, termasuk dalam hal pendidikan dan pengajaran. Untuk mencegah meningkatnya kasus Covid-19 ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan kebijakan tentang proses belajar mengajar yang dilakukan secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi persepsi mahasiswa tentang pembelajaran online selama pandemi Covid-19 pada matakuliah mikrobiologi dasar dan mikrobiologi analitik. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebar secara online dengan bantuan google form. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 69 mahasiswa dari program studi pendidikan Biologi, Universitas Lancang Kuning yang terlibat dalam pembelajaran daring selama pandemic Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan 50.72 % mahasiswa menyatakan bahwa perkuliahan daring memudahkan dalam memahami materi, meningkatkan motivasi belajar 62.32%, membantu dalam belajar 75.36% dan membantu dalam kesiapan perkuliahan sebesar 75.36%. Tingkat persepsi terhadap aspek pelaksanaan proses belajar mengajar, kompetensi dosen dan sarana prasarana menunjukkan persepsi positif dengan tingkat persepsi berturut-turut sebesar 74.55%, 80.87% dan 77.83%. Secara keseluruhan sebanyak 84.04 % mahasiswa puas dengan perkuliahan daring khususnya pada matakuliah Mikrobiologi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...