Journal of Education Action Research
Vol 5, No 4 (2021): November 2021

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn

Sunilawati, Ni Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI Semester II di SD No. 4 Sibangkaja Tahun Pelajaran 2018/2019. Data hasil belajar PKn dikumpulkan melalui tes dan di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Setelah melakukan analisis diperoleh hasil belajar siswa yaitu dari rerata skor prasiklus sebesar 70,75 ke siklus I sebesar 75,00, terjadi peningkatan rerata sebesar 4,25, rerata skor hasil belajar PKn siswa dari siklus I sebesar 75,00 ke siklus II sebesar 81,75, terjadi peningkatan rerata sebesar 6,75 poin. Dari prasiklus ke siklus II meningkat sebesar 11,00 poin. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI Semester II di SD No. 4 Sibangkaja Tahun Pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...