Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah langkah dan usaha kepala sekolah dalam mewujudkan budaya sekolah yang religius di SMAIT Ukhuwah Banjarmasin, sehingga menjadi sekolah yang berkarakter Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi; 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Data yang terkum- pul dari ketiga metode pengumpulan data tersebut dapat dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian, hal ini dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa usaha kepala SMAIT Ukhuwah Banjarmasin dalam mewujudkan budaya sekolah yang religius, adalah, (1) Membuat konsep dan agenda rutinitas islami di sekolah yang berdampak pada terwujudnya budaya kegiatan religius sekolah. (2) Melibatkan dan menggerakkan semua warga sekolah, yang melingkupi seluruh guru/pendidik, siswa, para staf, kepala sekolah dan semua komunitas sekolah yang terkait dalam mewujudkan budaya religius sekolah, (3) Menggunakan pendekatan religiusitas dan pembiasaan hasanah secara terintegrasi di sekolah yang mencerminkan nilai Ilahiyah, (4) Memberikan keteladanan secara terus menerus kepada semua warga sekolah, (5) Pengawasan dan monitoring secara intensif.
Copyrights © 2021