Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 6 No 3 (2021): Volume 6 No.3 Tahun 2021

Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Materi Plantae Pada Siswa Kelas X-MIPA-2 SMA Negeri 1 Bondowoso Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018

Hidayati, S.Pd., Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2021

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah proses pembelajaran biologi yang kurang variatif dan tidak ada inovasi pembelajaran sehingga berujung pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X-MIPA-2 SMA Negeri 1 Bondowoso Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran make a match. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan model penelitian mengacu pada model spiral dari S. Kemmis dan McTaggart. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa. Terbukti dari pengukuran tingkat aktivitas belajar biologi siswa kelas X-MIPA-2 SMA Negeri 1 Bondowoso pada kondisi awalhanya 11 siswa atau 40,74%, pada siklus I menjadi18 siswa atau 66,67%, dan pada siklus II menjadi27 siswa atau 100%, dan peningkatan ketuntasan dan hasil belajar biologi siswa yang awalnya pada pembelajaran pra siklus siswa yang tuntas ada 8 siswa atau 29,63%, pada siklus I mengalami kenaikan menjadi17 siswa atau 62,86%, dan pada siklus II menjadi25 siswa atau 92,59%. Hasil ini sesuai dengan indikator yang ditentukan, yakni siswa yang mendapat nilai mencapai KKM 70 di atas 85%.Adapun peningkatan nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari 58,15 pada kondisi awal, pada siklus I menjadi 68,15, dan pada siklus II menjadi 78,89. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match pada pembelajaran biologi materi plantae dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-MIPA-2 SMA Negeri 1 Bondowoso Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...