Jurnal Usia Dini
Vol 6, No 1: Juni 2020

Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri

Sariana Sariana (Dosen Program Studi PG PAUD FIP UNIMED)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2020

Abstract

Besuai dengan tingkat usia dan perkembangan kognitif mahasiswa seharusnya mahasiswa sudah memiliki kemampuan berfikir kreatif yang baik ketika sudah duduk dibangku perkuliahan. Namun Permasalahan yang terjadi pada mahasiswa yang baru maupun mahasiswa yang sudah melalui perkuliahan beberapa semester khususnya di Program Studi PG PAUD FIP Unimed pada umumnya memiliki kemampuan berfikir kreatif yang rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa adalah melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran di Program Studi PG PAUD FIP Unimed, dan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa PG PAUD FIP Unimed melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Mahasiswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester III TA.2018/2019 yang berjumlah 29 orang, dan target yang diharapkan 75% mahasiswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang baik. Disain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan selama dua kali pertemuan, dengan tahapan : 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) evaluasi/refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa, walaupun tidak seperti target yang ditetapkan yaitu sebanyak 75% mahasiswa memenuhi kriteria mampu berpikir kreatif. Dari beberapa indikator berpikir kreatif, ternyata hal yang sangat sulit dicapai mahasiswa adalah: (a) dalam hal memecahkan masalah dengan meninjaunya dari berbagai aspek; dan (b) mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada tingkat berpikir tinggi.Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa, Model Pembelajaran

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Usia Dini, yaitu: 1. Penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (tumbuh kembang anak usia dini, pola asuh anak usia dini, gizi anak usia dini) 2. Inovasi pembelajaran di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 3. Pengembangan perangkat pembelajaran di bidang Anak Usia Dini 4. ...