Jurnal Pendidikan Islam Indonesian
Vol 4 No 2 (2020)

Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Shalat Berjamaah Kelas VII

Nur Laila (Unknown)
Eriyanto, Eriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2020

Abstract

Ketercapaian kompetensi, terutama yang berkaitan dengan penerapan konsep masih menjadi masalah. Penelitian ini menjawab masalah tersebut dengan menerapan model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Desain yang digunakan dalam penelitian menggunakan model Elliot. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan menekankan pada aspek berbeda.Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi, kemudian setelah dilaksanakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Pembelajaran Langsung hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebagaimana berikut: Siklus I aspek kognitif, nilai rata-rata pra siklus 62,96 dengan ketuntasan klasikal 52% sedangkan setelah dilakukan tindakan nilai rata-rata 77,36 dengan ketuntasan klasikal 84%. Siklus II aspek psikomotorik, nilai rata-rata pra siklus 69,68 dengan ketuntasan klasikal 52%, setelah dilakukan tindakan nilai rata-rata 80,72 dengan ketuntasan klasikal 80%. Sedangkan siklus III aspek afektif dengan nilai rata-rata 75,8 dan ketuntasan klasikal 84% dengan kategori hasil belajar sangat baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpii

Publisher

Subject

Religion Education

Description

FOCUS Jurnal Pendidikan Islam Indonesia (JPII) is a peer-reviewed journal providing a forum for educators, education leaders, scholars, students, and policy makers to address the current topics in the field of education and Indonesian islamic education from a global perspective; especially about ...