EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Berbasis Game Based Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Al Kudri (STIKes Dharma Landbouw Padang, Indonesia)
Maisharoh Maisharoh (STIKes Dharma Landbouw Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2021

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan masalah mahasiswa  sering bosan dengan metode ceramah dan diskusi, tidak fokus mendengarkan perkuliahan sehingga membuat mereka main handphone,  sering main game online ketika perkuliahan berlangsung. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan adanya inovasi dalam pemanfaatan media pembelajaran yang menjadikan peserta didik aktif, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen menggunakan bentuk quasi experimental design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 60 orang. Penelitian dilakukan secara online melalui zoom meetng dan kuis online.  Teknik pengumpulan data dengan pemberian tes dan non tes menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung (4,95) > t tabel (1,68) artinya ada Pengaruh penggunaan media pembelajaran kahoot berbasis game based learning terhadap hasil belajar mahasiswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...