EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Kontribusi Permainan Tradisional untuk Hati Nurani Anak

Aurelia Cika Maya Putri (Universitas Sanata Dharma, Indonesia)
Gregorius Ari Nugrahanta (Universitas Sanata Dharma, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2021

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini melakukan pengembangan buku pedoman permainan tradisional untuk hati nurani pada anak berumur enam tahun sampai delapan tahun. Research and Development (R&D) jenis ADDIE menjadi tata cara riset yang digunakan. Riset sistematis ini menyertakan tujuh guru dengan beragam daerah guna analisis kebutuhan, delapan orang validator untuk menjadi expert judgement, serta tujuh anak guna pengujian terbatas. Hasil kajian menampilkan jika 1) Buku pedoman mengenai permainan tradisional dibuat berdasarkan tahapan ADDIE, yaitu Analyse, Design, Develop, Implement, serta Evaluate; 2) Buku pedoman permainan tradisional memiliki kualitas dengan kualifikasi "Sangat baik" setara dengan 3,84 (Skala 1-4) dengan saran "Tidak perlu perbaikan"; serta 3) pengaplikasian buku pedoman mempengaruhi karakter hati nurani. Hasil uji signifikansi menampilkan t(6) = 7,439, p = 0,000 (p < 0,05). Buku memiliki pengaruh sebesar r = 0,950 yang berada dalam kualifikasi "Efek besar" ataupun sepadan dengan 90,25%. Maksudnya, pengaplikasian buku pedoman mengenai permainan tradisional sanggup menunjukkan 90,25% transformasi varian terjadi pada karakter hati nurani anak. Uji efektivitas didapat dari perhitungan N-gain score sebesar 60,238% dengan efektivitas “Sedang

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...