JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Vol 6, No 2 (2021): VOLUME 6 NUMBER 2 SEPTEMBER 2021

Hibriditas, Mimikri, dan Ambivalensi dalam Cerpen Kupata dan Meneer Chastelein Karya Rosyid H. Dimas: Kajian Poskolonial

Achmad Sultoni (Institut Teknologi Telkom Purwokerto)
Hari Widi Utomo (Institut Teknologi Telkom Purwokerto)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Dampak penjajahan tidak hanya dirasakan dari sisi fisik, tetapi juga dari sisi mental bangsa yang terjajah. Begitu juga dengan bangsa Indonesia yang dijajah oleh Belanda selama kurang lebih tiga setengah abad. Kajian ini berupaya untuk mengetahui jejak-jejak pengaruh kolonialisme Belanda yang dialami bangsa Indonesia yang tercermin dalam cerpen-cerpen Indonesia kontemporer. Dengan menelusuri jejak-jejak kolonialisme dalam karya cerpen, akan diketahui apa itu sisi hibriditas, mimikri, dan ambivalensi sebagaimana dijelaskan dalam teori kajian poskolonial Homi K. Bhabha. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah postkolonial. Sumber data dalam penelitian ini adalah cerpen Kupata dan Meneer Chastelein karya Rosyid H. Dimas. Data yang dikumpulkan berupa kata, frasa, dan wacana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik membaca, mencatat yang dilakukan dengan cara menandai teks cerpen. Triangulasi teori digunakan untuk keabsahan data. Analisis data meliputi model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan aspek hibriditas berupa sikap berbahasa masyarakat adat yang nyaman menggunakan bahasa penjajah. Aspek mimikri ditunjukkan melalui sikap bangga menggunakan bahasa penjajah, penyesuaian kebiasaan kolonial dalam merokok dan minum kopi. Aspek ambivalensi ditunjukkan melalui pencarian identitas bahasa, di satu sisi sebagian masyarakat jajahan bangga menggunakan bahasa bangsa jajahan sebagai budaya luhur.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP-BSI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JP-BSI), publishes research-based articles in the field of language, literature, and learning. It is published twice a year, namely in March and September. The scopes of the topics include, but not limited to: 1) Foreign language learning, Indonesian ...