cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota singkawang,
Kalimantan barat
INDONESIA
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Published by STKIP Singkawang
ISSN : 24775932     EISSN : 2477846X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JP-BSI), publishes research-based articles in the field of language, literature, and learning. It is published twice a year, namely in March and September. The scopes of the topics include, but not limited to: 1) Foreign language learning, Indonesian language, vernacular language and Malay language learning; (2) Linguistics; (3) Applied Linguistics, and; (4) Literature.
Arjuna Subject : -
Articles 139 Documents
Kefektifan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kesantunan Tindak Tutur Imperatif Mai Yuliastri Simarmata; Rini Agustina
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 2, No 2 (2017): Volume 2 Number 2 September 2017
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.214 KB) | DOI: 10.26737/jp-bsi.v2i2.238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan bahan ajar berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan kesantunan tindak tutur imperatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripstif dengan bentuk penelitian Research and Development (R dan D). Subjek yang dipilih mahasiswa kelas C Sore dengan jumlah 33. Instrumen pengumpul data adalah tes kesantunan berbahasa, wawancara, dan observasi. Untuk menganalisis keefektifan dari bahan ajar berbasis pendidikan karakter berbahasa untuk meningkatkan kesantunan berbahasa menggunakan desain pre eksperimental:one group pretest - posttest design. Berdasarkan output Test Statistics di atas, diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima”. Artinya terdapat perbedaan antara hasil kesantunan berbahasa mahasiswa sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar berbasis pendidikan karakter berbahasa, sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis pendidikan karakter berbahasa melayu dialek Pontianak pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak.
Alih Fungsi Hutan Sumatera dalam Novel Luka Perempuan Asap Karya Nafi’ah Al-Ma’rab Frans Apriliadi; Anwar Efendi
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 4, No 1 (2019): VOLUME 4 NUMBER 1 MARCH 2019
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.313 KB) | DOI: 10.26737/jp-bsi.v4i1.825

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak alih fungsi hutan dan upaya menjaga lingkungan dalam novel Luka Perempuan Asap karya Nafi’ah Al-Ma’rab dengan perspektif ekokritik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh diuji secara validitas semantik dan reliabilitas melalui kegiatan membaca secara berulang-ulang. Data selanjutnya dianalisis dengan empat tahap, yaitu pengumpulan, reduksi data, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian memberikan gambaran sebagai berikut. Pertama, dampak yang ditimbulkan dari alih fungsi hutan menjadi perkebunan sawit, seperti berkurangnya kandungan air tanah, tanaman di sekitar sawit mati, pemanasan global, kebakaran hutan, kabut asap, gangguan pernapasan dan kematian. Kedua, upaya mencegah kerusakan lingkungan dari alih fungsi hutan menjadi perkebunan sawit adalah dengan mengubah pola pikir masyarakat kembali kesistem pertanian agraris, memperketat perizinan, melaksanakan uji kelayakan dan analisis lingkungan oleh lembaga kredibel. Berdasarkan penjelasan tersebut novel Luka Perempuan Asap mengajakarkan kepada pembaca agar tidak melakukan bentuk-bentuk pengintimidasian terhadap alam secara berlebihan. Pengintimidasian terhadap alam secara tidak langsung menimbulkan banyak masalah yang berdampak buruk bagi lingkungan dan makhluk hidup di sekitarnya.
Penerapan Metode Demonstrasi Bermediakan Video Pidato Soekarno Dalam Pembelajaran Berpidato Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lemahabang Cirebon Nurhannah Widianti
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1, No 2 (2016): Volume 1 Number 2 September 2016
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.328 KB) | DOI: 10.26737/jp-bsi.v1i2.94

Abstract

Penelitian ini bertujuan menunjukkan keefektifan metode demonstrasi bermediakan pidato Soekarno dalam pembelajaran mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk berpidato pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lemahabang.Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Desain.Artinya, pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Dari hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa metode demonstrasi bermediakan pidato Soekarno efektif dalam pembelajaran mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk berpidato. Hal ini dibuktikan oleh hasil tes akhir berpidato siswa eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yang mempelajari materi berpidato  tanpa menerapkan metode demonstrasi bermediakan video pidato Soekarno. Nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen mencapai 79,38, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol hanya 73,38. Sementara itu, perhitungan uji t pun menunjukkan bahwa t hitung (2,47) > t tabel (1,99) pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasannya mencapai angka 77. Lalu, hasil uji hipotesis menyatakan bahwa t hitung (2,73) > t tabel (1,69).
Peningatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Menggunakan Model Cooperative Think Pair Share Pada Siswa Kelas X C SMA Negeri 5 Singkawang Elsa Lestari; Wahyuni Oktavia
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1, No 1 (2016): Volume 1 Number 1 March 2016
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.169 KB) | DOI: 10.26737/jp-bsi.v1i1.71

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai menulis siswa. Hal ini dikarenakan kegiatan menulis merupakan kegiatan yang sulit dan memerlukan latihan yang terus menerus, siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran menulis sehingga siswa kurang terampil dalam mengungkapkan isi pikirannya ke dalam bentuk tulisan dan menghasilakan tulisan yang baik. Penelitian ini difokuskan pada materi menulis paragraf argumentasi menggunakan model cooperative think pair share. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah dalam peneltian ini adalah bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran menulis paragraf argumentasi menggunakan model coperative think pair share. Metode penelitian ini adalah  deskriptif dengan bentuk kualitatif. Penelitian ini dilakasankan 2 siklus, setiap siklusnya dilakukan 2 kali pertemuan. Prosedur pelaksanaan penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi hasil kegiatan. Penerapan model pembelajaran cooperative think pair share  dalam penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan proses pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan kegiatan dalam partisipasi siswa mengikuti proses pemebelajaran. Perencanaan pembelajaran meningkat dari 72,63% pada siklus I menjadi 83,15% pada siklus II. Pelaksanaan pembelajaran meningkat dari 76,59% pada siklus I menjadi 84,25% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui setelah membandingkan hasil pra tindakan siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum adanya tindakan adalah 61,42%. Pada siklus I rata-rata nilai 67,38% dengan persentase ketuntasan sebesar 66,66% dan pada siklus II nilai rata-rata 74,28% dengan persentase ketuntasan sebesar 80,95% mencapai pada peningkatan yang diharapkan.
Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Tuturan Diskusi Kelas Bahasa Indonesia Mulya Tiara Fauziah; Emzir Emzir; Ninuk Lustyantie
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 3, No 2 (2018): VOLUME 3 NUMBER 2 SEPTEMBER 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.149 KB) | DOI: 10.26737/jp-bsi.v3i2.722

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam mengenai pelanggaran prinsip kerja sama dalam tuturan diskusi kelas Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik rekam dan catat. Kemudian menemukan pelanggaran prinsip kerja sama dalam tuturan diskusi kelas bahasa Indonesia dan dianalisis sesuai teori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelanggaran maksim kuantitas sebanyak 7 tuturan (16%), (2) pelanggaran maksim kualitas sebanyak 5 tuturan (12%), (3) pelanggaran maksim relasi sebanyak 17 tuturan (39%), dan (4) pelanggaran maksim cara sebanyak 14 tuturan (33%). Tuturan-tuturan dalam diskusi kelas bahasa Indonesia yang melanggar prinsip kerja sama ini menjadikan tidak terjalinnya komunikasi yang baik sehingga diskusi yang terjadi kurang efektif. Hal ini dipicu karena beberapa hal seperti adanya rasa kurang percaya diri dari penutur atau lawan tutur, ingin menunjukan kelucuan yang membuat suasana diskusi menjadi tidak monoton, kurang paham dan tidak tuntasnya di dalam memberikan tanggapan saat berdiskusi.
Nilai Pendidikan Novel Padang Bulan serta Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Ulinnuha Madyananda; Umi Yaryati
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 2, No 2 (2017): Volume 2 Number 2 September 2017
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.281 KB) | DOI: 10.26737/jp-bsi.v2i2.248

Abstract

Penelitian deskripstif kualitatif ini menitikberatkan kajiannya pada nilai-nilai pendidikan apa sajakah yang ingin disampaikan Andrea Hirata dalam Novel Padang Bulan, serta bagaimana pemanfaatannya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Data penelitian ini berupa (1) kata, kalimat, atau paragraf dengan paparan berupa monolog, dialog, atau narasi dalam novel Padang Bulan, (2) hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia, dan (3) hasil observasi pembelajaran di kelas VIII G SMP Negeri 1 Malang. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai pendidikan dalam novel Padang Bulan ini meliputi nilai sosial, nilai ilmiah, nilai moral, dan nilai agama serta layak untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP.
Kesantunan Berbahasa Mahasiswa pada Dosen dalam Wacana Komunikasi Whatsapp di STABN Sriwijaya Suntoro Suntoro
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 4, No 1 (2019): VOLUME 4 NUMBER 1 MARCH 2019
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.799 KB) | DOI: 10.26737/jp-bsi.v4i1.962

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesantunan berbahasa mahasiswa pada dosen melalui Whatsapp. Metodologi penelitian yang dipakai adalah kualitatif deskriptif dengan fokus penelitian yaitu gaya bahasa dan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa WhatsApp. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan teknik analisis datanya menggunakan metode normatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya bahasa komunikasi mahasiswa terhadap dosen berbasis jejaring sosial WhatsApp cenderung mengabaikan kaidah tata bahasa yang benar. Dari aspek gramatikal ditemukan gejala elipsis dan kata depan unik. Pada aspek leksikal ditemukan gaya language mixing dan bahasa gaul. Pada aspek grafologi ditemukan clipping, sound addition, dan coinage. Sementara itu, dalam wacana komunikasi berbasis jejaring sosial WhatsApp mahasiswa mampu mematuhi prinsip kesantunan berbahasa meliputi prinsip kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, kecocokan, dan kesimpatian. Meskipun demikian, juga ditemukan pelanggaran-pelanggaran terhadap prinsip kesantunan berbahasa komunikasi berbasis jejaring sosial WhatsApp.
Pemajasan dalam Kumpulan Cerpen Rectoverso Karya Dewi Lestari Laurensius Laurensius; Nurdi Nurdi; Susan Neni Triani
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Number 1 March 2017
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.396 KB) | DOI: 10.26737/jp-bsi.v2i1.234

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan majas yang terdapat dalam kumpulan cerpen Rectoverso Karya Dewi Lestari (2008). Metode yang digunakan adalah metode deskriftif dan bentuk penelitiannya kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan stilistika. Berdasarkan hasil analisis yang terdapat dalam cerpen disimpulkan sebagai berikut: 1) Majas perbandingan yang terdapat dalam kumpulan cerpen Rectoverso yaitu gaya bahasa perumpamaan 35 kutipan, metafora 11 kutipan, personifikasi 12 kutipan, dan antitesis 7 kutipan. 2) Majas pertentangan yang terdapat dalam Rectoverso yaitu gaya bahasa hiperbola terdapat 17 kutipan, gaya bahasa klimaks 11 kutipan, antiklimaks 1 kutipan, dan hipalase 1 kutipan. 3) Majas pertautan yang terdapat dalam Rectoverso yaitu gaya bahasa sinekdoke terdapat 1 kutipan, dan gaya bahasa eufemisme 2 kutipan. 4) Majas perulangan yang terdapat dalam Rectoverso yaitu gaya bahasa tautotes 2 kutipan, anafora 7 kutipan, epistropa 2 kutipan, dan anadiplosis 1 kutipan. Berdasarkan hasil analisis terhadap kumpulan cerpen Rectoverso karya Dewi Lestari, maka dapat disimpulkan: (1) Majas perbandingan yang digunakan Dewi Lestari dalam kumpulan cerpen Rectoverso. (2) Majas pertentangan yang digunakan Dewi Lestari dalam kumpulan cerpen Rectoverso. (3) Majas pertautan yang digunakan Dewi Lestari dalam kumpulan cerpen Rectoverso. (4) Majas perulangan yang digunakan Dewi Lestari dalam kumpulan cerpen Rectoverso. (5) Implementasi dalam bentuk (RPP) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, yang akan di gunakan dalam proses pembelajaran.
Nilai Budaya dalam Cerita Batu Darah Muning dari Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang Evi Fitrianingrum
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1, No 2 (2016): Volume 1 Number 2 September 2016
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.784 KB) | DOI: 10.26737/jp-bsi.v1i2.90

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan penulis untuk mengetahui sastra lisan cerita Batu Darah Muning dari Kabupaten Sintang. Masalah umum dalam penelitian ini adalah  “Bagaimanakah nilai pendidikan dalam cerita Batu Darah  Muning dari Kabupaten Sintang?” Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui nilai pendidikan dalam cerita Batu Darah  Muning dari Kabupaten Sintang. Manfaat  penelitian  ini untuk  mengembangkan  ilmu  pengetahuan  dan mendukung   khasanah  penelitian  dalam dunia  sastra  Indonesia, di samping penelitian yang telah ada. Metode deskriptif digunakan dalam peenelitian ini karena penulis ingin mengambarkan nilai-nilai pendidikan yang ada pada cerita rakyat Batu Darah Muning sebagai objek penelitian. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah semua kutipan-kutipan yang terdapat dalam cerita Batu Darah Muning dari Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang. Sumber data dalam penelitian ini adalah cerita Batu Darah Muning dari Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang  jumlah halaman tiga puluh dua dan diterbitkan oleh CV. Pionir Jaya Bandung. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi dokumenter, karena penulis menggunakan cerita rakyat sebagai sumber data. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan alat bantu yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa kartu pencatat data dari hasil pembacaan dan kajian terhadap cerita Batu Darah Muning. Data yang akan dianalisis dalam penelitian ini menggunakan teknik kajian isi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan studi literatur dan triangulasi.
Hal-Hal dan Alasan yang Diperjuangkan Para Tokoh pada Novel Ser! Randha Cocak Karya Suparto Brata Murtiasih Murtiasih; Wahyudi Joko Santoso
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 3, No 2 (2018): VOLUME 3 NUMBER 2 SEPTEMBER 2018
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.982 KB) | DOI: 10.26737/jp-bsi.v3i2.727

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pandangan bahwa sastra pada hakikatnya merupakan cerminan masyarakat. Jadi dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal yang diperjuangkan serta alasannya para tokoh pada novel Ser! Randha Cocak karya Suparto Brata. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel  Datanya adalah penggalan wacana yang diduga mengandung hal-hal yang diperjuangkan serta alasannya para tokoh pada novel Ser! Randha Cocak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pembacaan heuristik dan hermeneutik. Para tokoh Novel Ser! Randha Cocak  karya Suparto Brata memperjuangkan cinta, kedudukan, warisan, dan nama baik. Adapun alasannya bahagia dengan pasangannya, hidup nyaman, menuntut yang menjadi haknya, dan mengembalikan nama baik.

Page 1 of 14 | Total Record : 139