Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 5 No 2 (2021)

Pendampingan Guru di Lingkungan PAUD Dengan Menggunakan Model Permainan Ular Tangga Pada Masa Pandemi Covid-19

Eky Prasetya Pertiwi (Universitas PGRI Argopuro Jember)
Ianatuz Zahro (Universitas PGRI Argopuro Jember)
H.B.A Jayawardana (Universitas PGRI Argopuro Jember)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2021

Abstract

Pendidikan TK merupakan wadah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak didik sesuai sifat-sifat alami anak, oleh karena itu maka pendidikan taman kanak-kanak dapat berkembang seluruh aspek kepribadiannya melalui proses bermain. Pembelajaran dengan bermain sangat cocok diterapkan pada siswa anak usia dini. Media permainan perlu diterapkan pada implementasi pembelajaran AUD. Salah satunya adalah permainan edukatif ular tangga. Semua siswa sangat antusias dalam melakukan permainan ular tangga sehingga menimbulkan motivasi yang tinggi terutama ketika ada pertanyaan dan perintah dari setiap kotak ular tangga. Konsep dengan mudah di tuangkan dalam kolom-kolom permainan yang ada di ular tangga. Pelaksanaan kegiatan pendampingan dilaksanakan di TK ABA dan Aula Kampus IKIP PGRI Jember. Prosedur kerja yang ditawarkan adalah berupa pendampingan guru TK (pada aspek perkembangan sosial emosi) pada masa pandemic Covid-19. Hasil kegiatan pendampingan menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan semangat dalam melakukan pembelajaran permainan ular tangga yang edukatif, sehingga mampu memberikan konsep materi yang disampaikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dedication

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JOURNAL DEDICATION is a scientific publication in the field of community service and empowerment with coverage of areas: Human development and nation competitiveness, Local resource-based poverty alleviation, Management of rural and coastal areas of local wisdom. Economic Development, ...