Penelitian ini dilatar belakangi karena masih rendahnya kemampuan berhitung anak dalam hal membilang, mengenal konsep bilangan..Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan buah kemiri dengan kotak angka, dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah permainan kotak angka ini dapat meningkatkankemampuan berhitung anak di TK Mutiara Kampuang Dalam Limbanang Kecamatan SulikiJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang subjek penelitiannya adalah anak TK Mutiara Kampuang Dalam Limbanang Kelompok B1 Jorong Kampuang Dalam tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 12 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah persentase dengan tabel. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, siklus I tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan.Hasil penelitian ditentukan bahwa permainan buah kemiri dengan kotak angka ini dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak, terbukti dari hasil persentase siklus I kemampuan membilang dengan benda,menghubungkan konsep bilangan dengan benda-benda, mengurutkan lambang bilangan, Pada siklus II berhitung meningkat sekali. Hal ini terbukti dari persentase meningkat dari siklus I ke siklus II, maka pertanyaan sudah terjawab bahwa permainan buah kemiri dengan kotak angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Mutiara Kampuang Dalam Limbanang Kecamatan SulikiKata kunci: Berhitung,Permainan buah kemiri,kotak angka
Copyrights © 2021