Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap pelaksaan supervisi oleh kepala sekolah dalam tahapan perencanaan, pengukuran kinerja guru, pembinaan, penilaian keberhasilan supervisi, dan perbaikan program supervisi akademik di SDN 25 Mattirowalie. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas SD 25 Mattirowalie Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yang berjumlah 6 Orang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data adalah data reduction, data display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah sangat baik karena telah melakukan perencanaan, pengukuran kinerja guru, pembinaan, penilaian kebersilan supervisi, dan perbaikan program (merevisi) namun, masih ada aspek yang perlu diperhatikan yakni terkait penggunaan media dan teknologi pada saat pembelajaran. Maka dari itu diperlukan perhatian khusus dalam melakukan pembinaan kepada guru terkait dengan media dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan.
Copyrights © 2021