Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 7 No. 2 (2021)

Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Penguatan Budaya Literasi Membaca Siswa Kelas V di MI Madani Alauddin Kabupaten Gowa

Andi Hasrianti (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Umar Sulaiman (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implemntasi pembelajaran daring pada siswa kelas V di MI Madani Alauddin, Kabupaten Gowa, 2) Gambaran budaya literasi membaca pada siswa kelas V di MI Madani Alauddin, Kabupaten Gowa, 3) Efektivitas pembelajaran daring terhadap penguatan budaya literasi membaca siswa kelas V di MI Madani Alauddin, Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex-post facto. Partisipan penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di MI Madani Alauddin Kabupaten Gowa yang berjumlah 41 orang. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan tes. Teknik anlisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh skor rata-rata peserta didik sebesar 50 untuk pengisian kuesioner tentang implementasi pembelajaran daring dan diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebesar 86 untuk tes keterampilan membaca. Hasil analisis statistik inferensial diperoleh t_(hitung )> dari t_(tabel )(8,17>1,68) yang berarti bahwa implementasi pembelajaran daring efektif terhadap penguatan budaya literasi membaca pada peserta didik kelas V di MI Madani Aluaddin Kabupaten Gowa. Implikasi dalam penelitian ini 1) Implementasi pembelajaran daring efektif terhadap penguatan budaya literasi membaca peserta didik kelas V di MI Madani Alauddin Kabupaten Gowa 2) Menjadi dasar untuk penelitian berikutnya tentang literasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...