Abstrak Berkembangnya e-commerce saat ini, termasuk transaksi jual beli yang melibatkan perusahaan ekspedisi, maka penjual dan pembeli harus pandai dalam memilih jasa ekspedisi yang tepat, sehingga proses pengiriman paket bisa efektif dan efisien. Berbagai atribut layanan perusahan jasa ekspedisi yang dapat dipertimbangkan dan mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor menjadi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi. Objek penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa ekspedisi J&T Express di Kabupaten Garut. Metode penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif, Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis faktor dengan bantuan program SPSS 24. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 3 faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi antara lain faktor Delivery Package, faktor Capability Adoption Customer, dan faktor Brand Image. Kata-kata kunci: Analisis faktor; keputusan konsumen; jasa ekspedisi. Abstract With the development of e-commerce today, including buying and selling transactions involving shipping companies, sellers and buyers must be smart in choosing the right shipping service, so that the package delivery process can be effective and efficient. Various service attributes of shipping companies that can be considered and influence consumer decisions in using expedition services. The purpose of this study was to determine the factors into consumer decisions in using expedition services. The object of this research is consumers who use J&T Express expedition services in Garut Regency. The research method uses a quantitative approach, sampling using accidental sampling with a total sample of 100 respondents. The data analysis technique uses factor analysis with the help of the SPSS 24 program. Based on the results of the study, there are 3 factors that influence consumer decisions in using expedition services, including the Delivery Package factor, the Customer Adoption Capability factor, and the Brand Image factor. Keywords: Factor analysis, consumer decision, expedition service
Copyrights © 2021