Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 4 No 3 (2020)

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMPN 9 KOTA BENGKULU

Lara Gustina (Universitas Bengkulu)
Rusdi Rusdi (Universitas Bengkulu)
Teddy Alfra Siagian (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan pendekatan kontekstual sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 9 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMPN 9 Kota Bengkulu yang beranggotakan 20 orang siswa, terdiri dari 7 orang siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki.  Penelitian ini dilaksanakan dalam 1 siklus dengan materi penelitian adalah sifat-sifat dari bangun datar segiempat dan segitiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pra siklus dengan siklus 1. Rata-rata hasil belajar matematika siswa pra siklus adalah 29,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 0% dan pada siklus 1 rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 53,45 dengan ketutasan  belajar klasikal 25%. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...