Psychocentrum Review
Vol 3, No 2 (2021): Psychocentrum Review

Kedisiplinan Belajar Siswa Ditinjau dari Pola Asuh dan Kepedulian Orang Tua

Trice Dorce Sayuri (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih, Jayapura)
Yansen Alberth Reba (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih, Jayapura)
Andika Ari Saputra (Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya hubungan pola asuh dan kepedulian orang tua terhadap kedisplinan belajar siswa kelas VIII F dan G di SMP negeri 5 kota jayapura. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrument yang berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa, sampel penelitian ini sebanyak 52 siswa yang ditentukan dengan rumus Isaac dan Michael.dengan taraf kesalahan 5% selanjutnya teknik pengambilan sampel dilakukan secara random. Hasil penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan variabel pola asuh orang tua diperoleh nilai sebesar +0.752 (X1) dengan sig 0.030 < 0,05. Variabel kepedulian orang tua mendapatkan nilai +0.473 (X2) dengan sig 0,015 < 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian terdapat hubungan yang positif dan signifikan pola asuh dan kepedulian orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII F dan G di SMP Negeri 5 kota Jayapura.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pcr

Publisher

Subject

Humanities Health Professions

Description

Psychocentrum Review focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments in the fields of Psychology, Counseling, and Psychotheraphy in a cross settings. The scope of this journal encompasses to study of psychotherapy, counseling, ...