Psychocentrum Review
Vol 3, No 2 (2021): Psychocentrum Review

Penggunaan Exploratory Factor Analysis (EFA) untuk Pengembangan Skala Kecemasan Statistik dalam Pendidikan

Utami Nurhafsari Putri (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi pada pengembangan awal skala kecemasan statistik dalam pendidikan melalui Exploratory Factor Analysis (EFA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Sampel penelitian berjumlah 230 (laki-laki, n = 66; perempuan, n = 164) responden dari berbagai fakultas di Univeristas Negeri Medan dengan rentang usia 19-25 tahun. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala kecemasan statistik dengan 51 item pada skala likert 5 poin. Teknik analisis data menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA). Hasil penelitian menunjukkan EFA mengidentifikasi empat faktor dari 51 item, dengan nama faktor yaitu: Faktor 1, worth of statistics (24 item; loading faktor mulai dari 0.443 hinga 0.748); Faktor 2, interpretation anxiety (16 item; loading faktor mulai dari 0.448 hingga 0.777); Faktor 3, test and class anxiety (7 item; loading faktor mulai dari 0.477 hingga 0.661); Faktor 4, fear of statistics teachers (4 item; loading faktor mulai dari 0.367 hingga 0.757). Penelitian ini menetapkan item dengan loading faktor di bawah 0.50 tidak digunakan, seperti pada Faktor 1 terdapat tiga item,  Faktor 2 terdapat tiga item,  Faktor 3 terdapat dua item,  Faktor 4 terdapat dua item.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pcr

Publisher

Subject

Humanities Health Professions

Description

Psychocentrum Review focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments in the fields of Psychology, Counseling, and Psychotheraphy in a cross settings. The scope of this journal encompasses to study of psychotherapy, counseling, ...