Indonesian Trust Health Journal
Vol 4 No 2 (2021): Indonesian Trust Health Journal

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN MINAT KUNJUNG ULANG PASIEN DI KLINIK PRATAMA KELAMBIR MEDAN

Andini Mentari Tarigan (Institut Kesehatan Helvetia)
Dilla Fitria (Institut Kesehatan Helvetia)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2021

Abstract

Health service visits are determined by the needs of service users to get the health services provided. The factors that can influence so that users want to reuse are five dimensions consisting of reliability, responsiveness, courtesy, ability to understand customers and physical evidence. The purpose of this study was to explain the relationship between the quality of health services and the interest in repeat visits at the Pratama Clinic Kelambir Medan. This study is a quantitative study using a cross sectional design. This research was conducted at the Kelambir Pratama Clinic Medan starting in September 2021 until it was completed. The sample in this study were 97 respondents. The research instrument used a questionnaire using the Pearson correlation test. The results showed that there was a relationship between reliability (p=0.024) <0.05, responsiveness (p=0.011) <0.05, politeness (p=0.022) <0.05, ability to understand customers (p=0.002) <0 .05 and physical evidence (p=0.001) <0.05 with an interest in repeat visits at the Pratama Clinic Kelambir Medan. The conclusion is that there is a relationship between reliability, responsiveness, politeness, ability to understand customers and physical evidence with interest in visiting and returning health services at the Pratama Clinic Kelambir Medan. Abstrak Kunjungan ulang pelayanan kesehatan dipengaruhi oleh kebutuhan pengguna jasa pelayanan untuk mendapatkan kembali pelayanan kesehatan yang diberikan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi sehingga para penggunanya ingin memanfaatkan kembali yaitu ada lima dimensi yang terdiri dari reliabilitas, responsivitas, kesopanan, kemampuan memahami pelanggan dan bukti fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan minat kunjung ulang di Klinik Pratama Kelambir Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Klinik Pratama Kelambir Medan dimulai pada bulan September 2021 sampai dengan selesai. Sampel dalam penelitian ini yaitu 97 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan menggunakan uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara reliabilitas (p=0,024) <0,05, responsivitas (p=0,011) <0,05, kesopanan (p=0,022) <0,05, kemampuan memahami pelanggan (p=0,002) <0,05 dan bukti fisik (p=0,001) <0,05 dengan minat kunjung ulang di Klinik Pratama Kelambir Medan. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara reliabilitas, responsivitas, kesopanan, kemampuan memahami pelanggan dan bukti fisik dengan minat kunjung ulang pelayanan kesehatan di Klinik Pratama Kelambir Medan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ithj

Publisher

Subject

Education Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing

Description

Jurnal ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada Dosen, Mahasiswa, Peneliti dan Petugas Kesehatan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan secara terus menerus. Terbitan jurnal diharapkan menjadi wadah berbagai ilmu pengetahuan bagi petugas kesehatan khususnya perawat dan bidan sehingga dapat ...