Abstrak: Multimedia Interaktif yang akan peneliti kembangkan bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam belajar sehingga hasil belajar mengalami peningkatan, Keunggulan utama program pembelajaran yang berbantukan komputer ini terletak pada kemampuannya untuk memanfaatkan seluruh kemampuan komputer yang dapat menggabungkan hampir seluruh media berupa teks, grafis, gambar, foto, audio, video, dan animasi. Seluruh media tersebut secara konvergen saling mendukung dan melebur menjadi satu media yang memiliki daya hantar informasi atau pesan yang sangat besar. Karakter juga merupakan indikator penting dalam pelaksanaan pendidikan. Dengan menerapkan Multimedia Interaktif berbasis Pendidikan karakter harapannya siswa akan memiliki sikap yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli pendidikan karakter, peduli sosial, dan tanggung jawab. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D (Four D model) dari Thiagarajan [2] Memiliki 4 tahapan yakni ; tahap I (tiga tahap thiagaradjan), yaitu: a) pendefinisian (define), b) perancangan (design), c) pengembangan (develop), dan tahap ke II (tahap penyebaran (desseminate). Pola dari pengembangan Multimedia Interaktif pengembangan adobe flash ini menggunakan Model Tutorial, [3] Rusman mengungkapkan bahwa komputer sebagai tutor berorientasi pada uapaya dalam membangun prilaku siswa melalui penggunaan komputer. Secara sederhana pola pengoprasiannya adalah sebagai berikut ; (1) Komputer menyiapkan materi (2) Siswa memberikan respon (3) respon siswa akan dievaluasi oleh komputer dengan orientasi pada arah siswa dalam menempuh prestasi berikutnya dan (4) melanjutkan atau mengulangi tahap selanjutnya. Pengembangan Multimedia Interaktif ini akan menghasilkan luaran berupa CD pembelajaran yang valid untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Kata-kata kunci: Multimedia Interaktif, Berbasis Pendidikan karakter
Copyrights © 2021