Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2021)

Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sosiologi Berbasis Flipbook Maker untuk Peserta Didik Kelas XI IPS SMA

Yulia Wilki Rahayu (Universitas Negeri Padang)
Erianjoni Erianjoni (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk e-modul pembelajaran sosiologi berbasis flipbook maker untuk peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Sawahlunto dan mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Researce and Development), model pengembangan yang dipakai yaitu 4D (define, design, develop dan disseminate). Hasil penelitian berdasarkan analisis angket validitas oleh ahli media memperoleh rata-rata 0,83 yang masuk ke dalam kategori “sangat tinggi”, hasil analisis angket validitas oleh ahli materi memperoleh rata-rata 0,88 yang masuk ke dalam kategori “sangat tinggi”. Hasil angket praktikalitas guru memperoleh rata-rata 0,85 yang masuk ke dalam kategori “sangat tinggi”. Sedangkan hasil analisis angket peserta didik memperoleh rata-rata 0,80 yang masuk ke dalam kategori “tinggi”. Dengan demikian, hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa e-modul pembelajaran sosiologi berbasis flipbook maker untuk peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Sawahlunto yang dihasilkan valid dan praktis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sikola

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan pengajaran adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Jurnal ini memfasilitasi diskusi berkaitan dengan Dinamika Institusi pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Kurikulum, Model-model ...