PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2021): Oktober 2021

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RSUD RANTAU PRAPAT TAHUN 2020

Dian Christy Rahayu (Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sari Mutiara Indonesia)
Lukman Hakim (Departemen Kesehatan Masyarakat, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sari Mutiara Indonesia)
Karnirius Harefa (Departemen Kesehatan Masyarakat, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sari Mutiara Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Penyakit Jantung koroner merupakan kelainan pada satu atau lebih pembuluh darah koroner dimana terdapat penebalan dalam dinding pembuluh darah disertai adanya plak yang mengganggu aliran darah ke otot jantung yang akibatnya dapat mengganggu fungsi jantung. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan antara kejadian penyakit jantung koroner di RSUD Rantauparapat tahun 2020.  Jenis penelitian ini yaitu penelitian analitik dengan pendekatan case control. Dengan jumlah populasi yaitu sebanyak 3278 dan jumlah sampel yaitu 43 case dan 43 control. Hasil penelitian yaitu terdapat hubungan riwayat keluarga dengan kejadian Penyakit Jantung Koroner yaitu p value 0,012 . Tidak Terdapat hubungan antara Umur dengan kejadian Penyakit Jantung Koroner yaitu p value 0,205 . Terdapat hubungan antara Jenis Kelamin dengan kejadian Penyakit Jantung Koroner yaitu p value 0,021 . Terdapat hubungan antara Hipertensi dengan kejadian Penyakit Jantung Koroner yaitu p value 0,003 . Tidak Terdapat hubungan antara Obesitas dengan kejadian Penyakit Jantung Koroner yaitu p value 0,257. Terdapat hubungan antara Merokok dengan kejadian Penyakit Jantung Koroner yaitu p value 0,030 . Terdapat hubungan antara Aktivitas Fisik dengan kejadian Penyakit Jantung Koroner yaitu p value 0,022 . Faktor yang paling dominan berhubungan dengan kejadian Penyakit Jantung Koroner yaitu variabel Hipertensi. Disarankan kepada masyarakat agar selalu melakukan medical check up untuk mengetahui kondisi kesehatan suatu penyakit secara dini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prepotif

Publisher

Subject

Public Health

Description

PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat adalah bidang kesehatan yang luas seperti kesehatan masyarakat, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Epidemiologi, keperawatan, kebidanan, kedokteran, farmasi, psikologi kesehatan, nutrisi, teknologi kesehatan, analisis kesehatan, sistem informasi kesehatan, hukum ...