Jurnal Prima Medika Sains
Vol. 3 No. 2 (2021): Desember

Mutu pelayanan dan minat kunjungan ulang pasien rawat jalan di Rumah Sakit X

Ginting, Tarianna (Unknown)
Chairul, Muhammad (Unknown)
Pane, Putri Yunita (Unknown)
Sudarsono, Sudarsono (Unknown)
Renaldi, Muhammad Rizal (Unknown)
Lubis, Fatma Hani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2021

Abstract

Pelayanan yang diselenggarakan oleh rumah sakit berkaitan langsung dengan kepuasan atau ketidakpuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi tentang mutu pelayanan dengan minat kunjungan ulang pasien rawat jalan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis survei kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilaksanakan di Rumah Sakit X yang dimulai dari bulan Juni-Juli tahun 2021. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang menjalani rawat jalan sebanyak 95 orang. Metode analisis data menggunakan analisis regresi logistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel persepsi kehandalan (p=0,001), daya tanggap (p=0,028), jaminan (0,005) dan bukti fisik (0,021) berpengaruh terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat jalan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kehandalan, daya tanggap, jaminan dan bukti fisik mempengaruhi minat kunjungan ulang pasien rawat jalan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPMS

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Prima Medika Sains adalah jurnal ilmiah di bidang kesehatan dan kedokteran yang terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Diterbitkan oleh Universitas Prima Indonesia yang secara teknis dikelola Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ...