Prosiding National Conference for Community Service Project
Vol 3 No 1 (2021): The 3rd National Conference of Community Service Project 2021

Pengembangan Kedai Kopi Nusantara Menggunakan Strategi Promosi Melalui Media Digital Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Meiliana Meiliana (Universitas Internasional Batam)
Sherry Sherry (Universitas Internasional Batam)
Sukiantono Tang (Universitas Internasional Batam)
Eric Marthino (Universitas Internasional Batam)
Jessica Valeria (Universitas Internasional Batam)
Michael Learns Tay (Universitas Internasional Batam)
Diamend Tino Sembiring (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2021

Abstract

Pilihan untuk menjaga kelangsungan hidup suatu bisnis di masa pandemi ini antara lain berjuang dalam dunia digital. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dimaksudkan untuk memperkenalkan pemasaran digital bagi pengembangan usaha Kedai Kopi Nusantara yang mengalami penurunan omset selama pandemi. Tidak ada perubahan yang dilakukan oleh pemilik. Kedai tersebut tidak pernah menggunakan strategi pemasaran digital karena pemilik tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu. Program ini membantu mitra untuk perumusan strategi pemasaran, penyusunan, dan pembuatan konten pemasaran digital dengan tema penerapan protokol kesehatan. Metode pelaksanaan PkM ini dimulai dengan melakukan survei terhadap UMKM di JL. Potong Lembu, Tanjungpinang untuk mengidentifikasi permasalahan. Kemudian, diputuskan mitra yang memerlukan bantuan dan melakukan diskusi menyeluruh mengenai solusinya. Terakhir, mengimplementasikan rencana yang telah dibuat. Akhirnya berhasil dibuat akun Instagram milik Kedai Kopi Nusantara. Konten promosi yang telah dibuat diunggah ke akun Instagram milik Kedai dan akun Facebook Tim Pelaksana. Kedai Kopi Nusantara juga sudah didaftarkan ke Go Food, namun tidak berhasil karena tidak ada nomor rekening bank yang menjadi data wajib. Hasil evaluasi akhir memuaskan dimana pemilik sudah dapat menggunakan media sosial untuk promosi dengan mengunggah konten promosi secara mandiri. Namun, strategi pemasaran digital belum memberikan pengaruh terhadap omset dan pelanggan Kedai Kopi Nusantara. Pemasaran digital memerlukan kegigihan dan konsistensi pemilik Kedai Kopi Nusantara untuk mengunggah konten promosi yang unik dan bermanfaat secara rutin

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nacospro

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro) merupakan wadah bagi para akademisi maupun masyarakat umum dalam mendesiminasikan artikel ilmiah hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di berbagai bidang pengabdian, terutama kegiatan pengabdian masyarakat yang ...