PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2021): EDISI OKTOBER

METODE KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKAKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Dian Apriani (FKIP Universitas Tamansiswa Palembang, Jl. Tamansiswa No. 261 Palembang)
Rika Firma Yenni (FKIP Universitas Tamansiswa Palembang, Jl. Tamansiswa No. 261 Palembang)
Malalina Malalina (FKIP Universitas Tamansiswa Palembang, Jl. Tamansiswa No. 261 Palembang)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2021

Abstract

ABSTRAKPenerapan metode pengajaran sangatlah berpengaruh agar proses pembelajaran tepat dan efektif sehingga pencapaian materi pembelajaran tersampaikan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui efektifitas dari metode pengajaran kooperatif tipe Problem Posing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan berpangkat.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas  (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 27 Palembang. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan secara daring melalui Zoom meeting dan Whatsapp Grup. Dari hasil penelitian yang dilakukan secara daring dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa  dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Problem posing di kelas IX SMP Negeri 27 Palembang dapat dilakukan secara efektif. Adapun Nilai rata-rata hasil tes dari Siklus I dan Siklus II adalah 60,5 dan 76. Terjadi peningkatan 14,47. Persentase ketuntasan belajar pada Siklus I dan II adalah 53,1%, dan 80,25%Kata kunci : hasil belajar, problem posing, bilangan berpangkat  ABSTRACTThe application of teaching methods is very influential so that the learning process is appropriate and effective so that the achievement of learning materials is conveyed to the maximum. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the Problem Posing cooperative teaching method in improving student learning outcomes in the matter of rank numbers. The research method used is Classroom Action Research (CAR). The research subjects were students of class IX SMP Negeri 27 Palembang. The implementation of this research was carried out online through Zoom meetings and Whatsapp groups. From the results of research conducted online, it can be concluded that students' mathematics learning outcomes can be improved through cooperative learning methods of Problem posing type in class IX of SMP Negeri 27 Palembang can be done effectively. The average value of the test results from Cycle I and Cycle II were 60.5 and 76. There was an increase of 14.47. The percentage of learning completeness in Cycle I and II is 53.1%, and 80.25% Keywords :  learning outcomes, problem posing, rank numbers

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...