Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 7 No. 4 (2021): October-December

Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Karakter Pada Kelas IV SDN 2 Borokulon

Ditya Ayu Lathifah (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Suyoto (Unknown)
Titi Anjarini (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa ensiklopedia berbasis karakter materi indahnya keragaman budaya negeriku kelas IV SD yang layak digunakan untuk peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Borokulon. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes, meliputi observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran dan penilaian untuk produk ensiklopedia berbasis karakter yang diberikan kepada ahli instrumen, ahli materi, ahli media, dan respon siswa yang sebelumnya melalui validasi melalui dua aspek kelayakan suatu produk yaitu kevalidan dan kepraktisan. Kevalidan meliputi validasi oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan kepraktisan meliputi respon siswa terhadap ensiklopedia berbasis karakter. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan skor rata-rata 3,12, sedangkan hasil uji validasi oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata 3. Dari kedua hasil penilaian tersebut dapat diperoleh skor rata-rata sebesar 3,06 dan termasuk dalam kriteria valid. Selain itu berdasarkan respon siswa terhadap ensiklopedia berbasis karakter, skor rata-rata dari responden adalah 3,28 juga tergolong dalam kriteria sangat praktis. Sehingga ensiklopedia berbasis karakter subtema indahnya keragaman budaya di negeriku yang telah dikembangkan layak digunakan untuk menunjang proses belajar anak dengan membangun karakter dalam diri peserta didik kelas IV Sekolah Dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...