Widyacarya : Jurnal Pendidikan, Agama, dan Budaya
Vol 5, No 2 (2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III

I Gede Toni Swarjana (Unknown)
Putu Subawa (Unknown)
I Ketut Ngurah Ardiawan (STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Problem Based learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Gugus VII SD Di Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian eksperimen ini jenis eksperimen semu yang didesain dengan konsep non-equivalen post-test only control group design. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 154 orang yang merupakan siswa kelas III Gugus VII SD Di Kecamatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Sebanyak 33 siswa melas IV SD Negeri 2 Selat terpilih sebagai kelompok eksperimen, sementara 30 siswa kelas IV SD Negeri 4 Selat terpilih sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data hasil belajar IPA menggunakan metode tes (post test). Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil thitung 9,704 > ttabel = 0,254. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Problem Based learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Di Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

widyacarya

Publisher

Subject

Education

Description

WIDYACARYA: Jurnal Pendidikan, Agama, dan Budaya [ISSN: 2580-7544] dikelola oleh STAHN Mpu Kuturan Singaraja yang dapat dijadikan referensi akademis maupun bahan memecahkan berbagai persoalan agama dan budaya yang dewasa ini semakin ...