AKSIOMA
Vol 12, No 2 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Analisis kebutuhan pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi pada materi barisan dan deret siswa SMA

Ilham Ariesandi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Syamsuri Syamsuri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yuyu Yuhana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Abdul Fatah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis inkuiri dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir komputasi pada materi barisan dan deret siswa SMA. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru pelajaran matematika SMA sekitar wilayah/kota Tangerang. Pengumpulan data melalui angket dengan Google Formulir. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan guru belum terintegrasi dengan pendekatan inkuiri, sehingga dibutuhkan pengembangan bahan ajar berupa modul elektronik sebagai alternatif bahan ajar berbasis inkuiri, yang diharapkan dapat membuat siswa tertarik dan senang belajar matematika. Sedangkan materi barisan dan deret disusun dengan menerapkan kemampuan berpikir komputasi di dalamnya. Hasil studi literatur dan studi lapangan menunjukkan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar berupa modul elektronik berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi pada materi barisan dan deret SMA.Kata kunci: analisis kebutuhan; modul elektronik; inkuiri; kemampuan berpikir komputasi; barisan dan deret

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...