Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021

Analisis Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berpendekatan STEM Materi Termodinamika

Mohamad Arif Hermawan (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2021

Abstract

perkembangan era revolusi industri 4.0, berdampak besar terhadap pendidikan yang mengharuskan beradaptasi terhadap kemajuan teknologi yang dapat menunjang pembelajaran. Salah satu yang dapat menunjang pembelajaran yaitu media pembelajaran digital. Salah satu media digital yaitu videoscribe yang merupakan video berbasis animasiĀ  denganĀ  berlatar atau background berwarna putih seperti papan tulis (Whiteboard). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran videoscribe berpendekatan STEM materi termodinamika. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif, Langkah penelitian meliputi persiapan (observasi awal, studi literatur, pembuatan media, dan pembuatan instrumen angket respon siswa), pelaksanaan, dan analisis. Hasil dari penelitian menunjukkan media pembelajaran videoscrib berpendekatan STEM mendapatkan respon siswa sebesar 77,2 % dengan kategori baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...